MOST RECENT

|

3 Persiapan Fundamental dalam Pernikahan

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah swt. Dzat yang Maha Agung. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan nabi kita tercinta nabi Muhammad saw, shahabat, tabi’in dan pengikutnya sampai hari akhir.

Allah berfirman dalam salah satu ayat-Nya:
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (Q.S Ar Ruum : 21)
”Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Q.S Al-Hujurat : 13)

Bersabda Rasulullah saw;
”Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang membenci sunnahku maka ia bukan termasuk golonganku.” (Al-Hadits)
Menikah adalah sebuah ibadah dalam pandangan islam, oleh karena itu nikah merupakan hal sakral yang di dalam telah di tentukan ketentuannya oleh agama islam. Menikah adalah upaya untuk menciptakan generasi masa depan yang lebih baik dan lebih unggul sehingga menciptakan tantangan masyarakat yang baik yang di dalam masyarakat tersebut dipenuhi oleh kebaikan, kedamaian, ketentraman dan kesejahteraan.
Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan manakala kita hendak melangsungkan pernikahan, diantaranya:

1. Persiapan ilmu

Persiapan ilmu ini merupakan persiapan yang utama, karena dengan ilmu sebuah amalan itu akan mendapatkan pahala, ketika seseorang melakukan sebuah amalan tanpa disertai dengan ilmu maka amal tersebut akan menjadi sia-sia di mata Allah swt, dan dengan ilmu kemudian seseorang itu akan terakan derajatnya di sisi Allah.

Allah swt berfirman:
Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Q.S Al-Mujadilah : 11)

Rasulullah saw, bersabda:
”Barangsiapa mengerjakan suatu amalan yang tidak ada dasar dari kami, maka ia tertolak.” (Hadits)

2. Persiapan mental

Persipaan mental juga merupakan persiapan fundamental ketika kita akan memasuki gerbang pernikahan. Persipan mental disini adalah upaya kedua belah pihak untuk bersiap diri menghadapi apapun kondisi pasangan kita yang di anugerahkan Allah SWT. Manakala dengan ikatan pernikahan diharapkan apa saja yang menjadi kekurangan pasangan kita, kita sadari sebagai fitrah, bukan menjadi sumber konflik dalam bahtera keluarga tapi justru carilah sisi positif atau kelebihan pasangan kita sehingga dari situlah akan mencul sebuah keharmonisan dalam keluarga. Bukankah tanda cinta adalah membuat pasangan kita jauh lebih baik dalam segala hal?

3. Persiapan finansial

Persiapan ketiga yang tak kalah pentingnya adalah kesiapan finansial. Kesiapan finansial tidak hanya di lihat dari sisi kemapanan secara ekonomi tetapi lebih kepada kesiapan mencari sumber-sumber pendapatan dalam keluarga. Bukankah rezki Allah itu luas, carilah sumber rezki itu sebagai bentuk panggilan tanggungjawab dan amanah dalam keuarga karena itu akan menjadi ibadah.# Wallua’lam bishowab.


http://k4rt1k4.blogspot.com/2007/01/3-persiapan-fundamental-dalam.html

Posted by azay on 00.41. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "3 Persiapan Fundamental dalam Pernikahan"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added